SINOPSIS 9 LAGU RAFLY KANDE



*      SALEUM
“Saleum” merupakan sebuah lagu yang menceritakan tentang budaya masyarakat Aceh dalam memuliakan tamu(mulia jamee). Memuliakan tamu bagi masyarakat Aceh sudah menjadi tradisi yang mendarah daging. Tamu disambut dan dilayani dengan baik guna membina dan memperkokoh  ukhwah antar sesame.

*      MUNGKAR NANGKIR
“Mungkar Nangkir” merupakan 2(dua) malaikat yang wajib kita imani. Mungkar dan Nangkir bertugas mempersoalkan amal/perbuatan  manusia selama hidup di dunia pada saat manusia berada di alam kubur. Dalam lagu ini digambarkan sosok Mungkar dan Nangkir yang memiliki suara yang merdu, berwajah garang/seram. Dalam kitab suci Al’qur’an  di jelaskan bahwasanya dua malaikat ini memiliki tongkat yang sangat panjang. Di samping mereka bertugas menyiksa mayat di alam kubur. Hal ini tentunya menjadi ikhtibar bagi manusia untuk mengingat pedihnya azab khubur sehingga manusia melakukan yang ma’ruf dan menjauhi yang mungkar.


*      BUNGONG NANGGROE
Lagu ini mensyiarkan semangat untuk membangun kebersamaan dengan berpegang teguh kepada Aqidah sebagai pondasi agama. Di dalam bait lagu ini di jelaskan bahwa Sang Raja Dunia Allah SWT takkan terganti dan tergoyahkan kekuasaannya, namun Raja/Pemimpin suatu negeri akan berganti seiring masa. Hal ini menghimbau agar manusia tidak semena-mena dalam memimpin dan menjalankan amanah, karena kekuasaan manusia itu  sementara dan baharu sifatnya.

*      HARO HARA
“Haro Hara” melukiskan tentang suatu pekerjaan/kegiatan. Lagu ini menggambarkan jika sebuah pekerjaan dapat dimanage/diatur dengan ikhlas dan baik maka akan membuahkan hasil yang gemilang sebagai buah kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Namun sebaliknya tatkala dikerjakan dengan sembrono maka akan amburadur dan menimbulkan kekacauan. Hal ini mengasumsikan tentang seorang pemimpin tidak bisa dijadikan teladan maka yang dipimpin akan kehilangan arah dan tujuan.

*      CABUT HPH
Lagu ini merupakan bentuk kerisauan terhadap kondisi lingkungan yang kian memprihatinkan. Di berikannya Hak Penebangan Hutan secara semena-mena oleh pemerintah melahirkan kerisauan baru bagi masyarakat. Dimana ribuan hektar hutan ditebang secara merajalela hingga keseimbangan ekosistem mulai terganggu, musibah longsor dan banjirpun tak dapat lagi terelakkan. Melalui lagu ini Rafly menyuarakan jeritan alam yang kian meresahkan masyarakat. Maka hendaknya hutan dikembalikan kepada nilai-nilai arifnya.

*      SEPASANG LEMBU TUA
Lagu ini mengisahkan tentang kasih sayang sesama makhluk. Dimana jika kasih sayang itu di abaikan maka akan muncullah ketidakselarasan, dan niscaya aka nada yang teraniaya. Jika di analogikan secara lebih dalam bagaimana seorang atasan mampu memerhatikan nasip orang-orang yang dipimpinnya sehingga muncullah keseimbangan secara hak dan tanggung  jawab.

*      RANUP
“Ranup” adalah makanan khas Aceh yang berasal dari dedaunan ataupun dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan sirih. Di Aceh makanan ini memiliki nilai adat istiadat yang sangat tinggi, sehingga menjadi suguhan bagi para tamu, dan makanan yang kerap di temui pada pesta sunatan, perkawinan dan kenduri-kenduri lainnya. Di samping itu, secara medis sirih tersebut sangatlah baik untuk kesehatan.

*      PULEH
Lagu ini mengandung pesan himbauan bahwa panjatan doa untuk suatu kesembuhan hanyalah semata-mata dengan bermohon bantuan dari Allah SWT,  Allah kuasa, makhluk tak kuasa. Makluk hanyalah media dan selaku manusia hanyalah berusaha untuk sembuh,  namun pada hakikatnya kesembuhan itu tergantung pada pertolongan Allah semata, baik itu kesembuhan secara lahiriah maupun kesembuhan secara bathinian.

*      SEULANGA
Lagu ini mengibaratkan  Aceh laksana sekuntum bunga Seulanga(salah satu bunga yang ada di Aceh), indah bentuknya, harum mewangi aromanya. Jika bunga itu di rawat dan dijaga dengan baik serta disirami secara teratur maka bunga itu akan tumbuh mekar. Namun tatkala bunga itu terabaikan dan tidak terawat maka bunga itu akan layu dan mati. Hal ini mengisyaratkan bahwa Aceh ini hendaknya dikelola dengan baik sehingga marwahnya tetap terjaga.

Delky merupakan salah satu tim kreatif Rakan Rafly Kande(R2K)
Rafly Kande adalah salah satu musisi etnik dan seniman Aceh yang kerap mengisahkan Aceh melalui syair-syair lagunya.

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Komunitas Blogger Aceh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger