Aceh Bumi Seribu Bunyi Seribu Warna



Banda Aceh| Rafly Kande seorang seniman dan musisi Aceh berharap agar identitas, lambang, bendera dan himne  yang ada di Aceh hendaknya mewakili seluruh suku dan elemen yang ada di Aceh. Karena hal itu tidak bisa dibuat dengan dasar suka-suka, tapi semua itu di buat dengan penuh filosofi dan makna.
Aceh adalah negeri seribu bunyi makanya harus di arransement dengan harmony yg nyaman didengar,aceh negeri seribu lakab atau simbol makanya harus di lukiskan satu bendera yang dikala dipandang tergambar warna abstrak tapi tetap tegas dengan garis-garis keragaman nya.apapun kesepakatan tentang bendera dan segala pernik-pernik  tentang qanun dan sebagainya tetap akan berada dalam batasan-batasan NKRI.sederhana sesungguhnya kalau semua fihak bijaksana demi kebersamaan ACEH TERINTEGRITAS, Tambah Rafly kande.
Rafly menganalogikan, sebuah lukisan Affandi yang bersifat abstrak saja berharga milyaran, itu bukan karena indah lukisannya namun karena makna yang terkandung di dalamnya. apalagi  identitas, lambang, bendera dan himne  Aceh, hal itu harus benar-benar mempresentasikan seluru elemen, suku, dan rakyat Aceh secara menyeluruh, bukan satu golongan saja. Banyak hal yang harus di perhatikan baik secara filosofi, makna, historis dan lainnya. dan pemerintah baik eksekutif maupun legislatif harus mengakui keberagaman itu, Aceh ini ada karena keberagaman(pluralisme) bukan keseragaman. Hal itu harus ditinjau sebelum sebuah qanun disahkan, sehingga tidak terkesan diskriminatif dan tidak menimbulkan polemic serta konflik ke depan.  

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Komunitas Blogger Aceh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger