KOMINFO ADAKAN PELATIHAN E-LIBRARY



Pelatihan E-library telah dan sedang diadakan pada tanggal 19 sampai dengan 27 Maret 2013 di Pusat TIK Nasional Badan Litbang SDM Litbang Ciputat. Peserta dalam pelatihan ini berjumlah 120 orang yang berasal dari berbagai Instansi Pemerintah Daerah, Kementerian, Universitas dan sekolah menengah.

Dalam paparannya, Imam M. Sofie MT selaku Wakil PMU Bidang Program menyampaikan bahwa “Pelatihan yang diadakan di BPRTIK ini ditujukan bagi IT worker dan IT enabler. IT worker seperti pelatihan programmer dan multimedia, sedangkan IT enabler seperti pelatihan e-library ini. Semoga dengan pelatihan ini, para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam pengelolaan perpustakaan di masing-masing instansi.

Pelatihan ini menggunakan aplikasi PRAJNA (Perpustakaan Jaringan Negara) yang dikembangkan oleh Pusat TIK Nasional. Aplikasi PRAJNA adalah sebuah sistem yang akan membantu manajemen perpustakaan pada masing-masing Intansi. Sistem ini terdiri dari modul publikasi jurnal atau buku, peminjaman buku, serta kolaborasi jurnal. Aplikasi ini bertujuan untuk melakukan pengelolaan perpustakaan  yang ada di masing-masing instansi atau satuan kerja (satker).

Dalam pelatihan e-library ini diberikan penjelasan mengenai konsep e-library, bagaimana mengoperasikan aplikasi PRAJNA dan juga bagaimana cara menginstalasi sistem. Aplikasi PRAJNA mempunyai fitur-fitur seperti manajemen user, data master, input data, pencarian, dan bantuan. Selain itu diperkenalkan pula aplikasi untuk proses digitalisasi dokumen hingga pembuatan portal e-library. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini dan menyampaikan minatnya untuk dapat mengimplementasikan aplikasi yang dikembangkan oleh Pusat TIK Nasional di instansi masing-masing.

Selain pelatihan E-library, Pusat TIK Nasional akan kembali menyelenggarakan pelatihan-pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi yang dapat diakses melalui http://bprtik.kominfo.go.id[Sumber kominfo.go.id]















Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Komunitas Blogger Aceh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger